Penyuluh Perikanan

Penyuluh Perikanan
Pulau Tinggi

Selasa, 26 Desember 2017

MEMBUAT PELET DARI CACING

MEMBUAT PELET DARI CACING



Sebelum diproses menjadi pellet, cacing harus dibersihkan dari semua kotoran yang menempel di tubuhnya, yaitu dengan cara di cuci dan dibilas hingga bersih. Setelah itu cacing dijemur diatas seng selama 24 jam atau di ovenkan selama 24 jam dengan suhu udara 32 – 35 oC. Cacing yang telah kering kemudian digiling dan dijadikan tepung cacing.
Untuk membuat pellet dari bahan dasar cacing tanah seberat 1 kg misalnya, dibutuhkan bahan tambahan berupa : kuning telur ayam yang telah direbus 200 gram, tepung kanji 10 gram, terigu 140 gram, dedak halus 180 gram dan tepung cacing 470 gram. Campurkan bahan-bahan tersebut menjadi satu dalam baskom, kemudian tambahkan air hangat secukupnya, diaduk hingga adonan menjadi kenyal.
Setelah itu dicetak dengan mesin penggiling daging sehingga menghasilkan pellet basah yang panjang seperti mie, pellet basah tersebut dipotong per 0.5 cm berbentuk butiran-butiran. Setelah itu pellet dijemur dipanas matahari, setelah kering pellet siap disajikan.
Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat pakan ikan dari cacing tanah ini adalah menyiapkan peralatan pembuatan yakni alat penggiling tepung, alat penggiling daging, dan  baskom. Setelah peralatan siap, barulah memisahkan cacing-cacing segar dari media budidayanya.
Manfaat Cacing Tanah :
1.    Menghancurkan bahan organic sehingga memperbaiki aerasi dan structur tanah, akibatnya tanah menjadi subur,  penyerapan nutrisi oleh tanaman menjadi lebih baik
2.    Keberadaan cacing tanah akan meningkatkan populasi mikroba yang menguntungkan tanaman.
3. Dapat digunakan sebagai pakan ternak berkat kandungan protein, lemak dan mineralnya yang tinggi
4.    Sebagai bahan baku obat dan bahan ramuan untuk penyembuhan penyakit. Secara tradisional cacing tanah dipercaya dapat meradakan demam, menurunkan tekanan darah, menyembuhkan bronchitis, reumatik sendi, sakit gigi dan tipus.
5.    Sebagai bahan baku kosmetik . Cacing tanah dapat diolah untuk digunakan sebagai pelembab kulit dan bahan baku pembuatan lipstik.

6. Makanan manusia. Cacing merupakan sumber protein yang berpotensi untuk dimasukkan sebagai bahan makanan manusia seperti halnya  daging sapi atau ayam

1 komentar:

  1. Terimakasih Admin, Artikel ini sangat bermanfaat.
    Sekalian mohon ijin ya numpang iklan promosi menawarkan Produk berikut ini :

    - CaO / Kapur Bakar/ Kalsium Oksida.
    - CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
    -CaCo3 /Kalsium Karbonat.
    - Kaptan / Kapur Pertanian
    - Dolomite.
    - Zeolite .
    - Bentonite.

    Untuk informasi dan pemesanan produk Silahkan hubungi :

    Bpk Asep
    081281774186
    085793333234


    Silahkan Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu membutuhkan.

    BalasHapus