Penyuluh Perikanan

Penyuluh Perikanan
Pulau Tinggi

Minggu, 03 Desember 2017

Memilih dan Melengkapi Akuarium

Memilih dan Melengkapi Akuarium

Sudah menjadi kodrat sebagai manusia adalah berinteraksi dengan dunia di sekitar kita, hal paling sederhana yaitu memelihara ikan dalam akuarium. Mengelola akuarium menawarkan kepada kita sesuatu untuk dilakukan, sesuatu untuk dipandang, dan sesuatu untuk dirawat. Bagi bebrapa orang tertentu mengelola akuarium memiliki fungsi kesehatan, hal ini dapat menurunkan tekanan darah dan menimbulkan perasaan tenang dna merasa sehat (sugesti). Setiap orang yang hobiis akuarium dituntut untuk mampu mengkreasikan lingkungan dalan akuarium yang serupa dengan kondisi alamiah ikan, akuarium harus memiliki keseimbangan antara ikan-ikan didalamnya, tanaman, dan juga invertebrata air tawar.   
Memilih Akuarium
Sebagian besar akuarium dibuat dari kaca dengan tepian dari plastik atau bahan lain untuk memberikan sentuhan terakhir sekaligus melindungi dari tepian kaca. Penting bagi anda dalam membeli akuarium, perhatikan ada tidaknya retakan, lubang, atau cacat dan bahwa semua lapisan dalam kondisi rata dan seimbang. Apabila masih ada sisa-sisa lem silicon yang tidak rapi, bisa dibersihkan dengan silet/ cutter. Ketika mengetest ada tidaknya kebocoran, pastikan bahwa akuarium berada pada tempat yang permukaannya kukuh dan rata.
  
Melengkapi Akuarium
Akuarium yang anda miliki perlu dipercantik dengan dekorasi atau asesoris yang mendukung untuk kehidupan ikan yang dipelihara, hal ini akan menambah nilai estetika dari sebuah akuarium serta mencerminkan jiwa kreasi atau seni dari sang pemilik. Adapun perlengkapan yang perlu ditambahkan dalam sebuah akuarium adalah sebagai berikut :

Background (latar belakang), memiliki tujuan untuk memberikan keamana bagi ikan. Ada berbagai desain gambar menarik yang bisa anda dipilih seperti gambar terumbu karang, tanaman air, batu-batuan sungai, dan lain-lain. Background biasanya direkatkan dibagian luar belakang akuarium, beberapa jenis background sudah dilengkapi perekat.

Gravel (kerikil, pasir), anda dapat memilih berdasarkan komposisi, tekstur, ukuran butiran, dan warnanya. Kerikil alam biasanya dipilih orang untuk menciptakan suasana semirip mungkin dengan kondisi aslinya. Ada juga yang memilih gravel sintetis dengan berbagai macam warna tergantung kesukaan sang pemilik akuarium. Jumlah gravel yang anda butuhkan tergantung pada ukuran akuarium dan seberapa dalam anda menginginkan gravel tersebut dalam akuarium. Jika terdapat tanaman air anda perlu menempatkan gravel sedikit lebih banyak 2 inchi, sehingga akar tanaman mempunyai cukup ruang untuk tumbuh dna berkembang. Sebelum memasukan gravel ke dalam akuarium, anda terlebih dahulu mencucinya hingga bersih dari kotoran dan bahan lain yang menempel.



Pompa Udara, diperlukan untuk untuk memberikan udara dalam akuarium, udara juga mampu menghasilkan arus yang menggerakan air dari bagian dasar ke bagian atas dan memungkinkan pergantian gas saat udara dan air bercampur, singkatnya kadar oksigen terlarut dalam air akan meningkat dan kadara karbondioksida akan menurun. Anda harus memilih pompa udara berdasarkan jumlah suplai udara yang dibutuhkan.

Dekorasi Akuarium, menambahkan dekorasi akuarium seperti tanaman plastik, driftwood, dan asesoris lainnya harus disesuaikan dengan susunan dan penataan akuarium, namun tujuan utamanya tidak hilang yaitu menambah kecantikan akuarium anda tanpa mengganggu ikan peliharaan.  


Filtarsi, ada 2 jenis filtrasi yang banyak digunakan sekarang ini, satu filter mengalirkan air dari akuarium melalui tube penyedot, air mengelir melalui material filter dan dipompa kembali ke dalam akuarium melalui saluran pengeluaran. Filter jenis kedua disebut model overflow, fiter ini mengalirkan air melalui tube, kemudian mendorongnya melalui material filter, air akan kembali kedalam akuarium dengan memancar ke bawah seperti air terjun.



Pemanas, jika anda memang harus meletakan pemanas (heater) dalam akuarium (tetapi jangan langsung memanaskannya) dan biarkan selama 60 menit untuk mencapai temperatur yang sama dengan temperatur air. Ada 2 jenis pemanas yang paling mendasar, jenis pertama diletakan dibawah permukaan air dan sebagian lagi diatas, direkatkan disisi akuarium. Kedua jenis pemanas dapat bekerja dengan baik, tetapi jenis pertama dapat tersembunyi dengan lebih baik.  


Sumber :
Freshwater Aquarium Set-up and Care, Published By T.F.H  Publications, 2009.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar