Penyuluh Perikanan

Penyuluh Perikanan
Pulau Tinggi

Minggu, 03 Desember 2017

Manajeman Bisnis Perikanan

Manajeman Bisnis Perikanan

Usaha perikanan hendaknya dikelola secara profesional, bukan hanya sebuah usaha sampingan sebatas pemenuhan kebutuhan hidup atau tidak mengacu pada pencapaian target keuntungan (profit oriented). Untuk mencapai target keuntungan, usaha perikanan dijalankan seperti halnya sebuah perusahaan dengan kemampuan manajemen yang baik.
Fungsi Manajemen
Secara umum manajemen adalah cara mengatur satu atau beberapa faktor yang menunjang usaha untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam bisnis perikanan, manajemen sangat diperlukan supaya dapat berjalan lancar dan mendapat hasil yang sesuai harapan. Dalam bisnis perikanan, fungsi-fungsi itu mempunyai wujud yang berbeda, tergantung dari faktor yang mempengaruhi dan jenis komoditas yang diusahakan. Adapun fungsi-fungsi manajemen yang terdapat dalam bisnis perikanan, antara lain sebagai berikut :
1.    Perencanaan
Fungsi ini merupakan tindakan untuk menetukan sasaran dan arah yang dipilih. Didalam perencanaan dituntut adanya kemampuan untuk meramalkan, mewujudkan, dan melihat ke depan dengan dilandasi oleh tujuan-tujuan tertentu.
2.    Pegorganisasian
Fungsi ini merupakan tindakan mengatur dan membagi-bagi bidang pekerjaan antara kelompok yang ada. Setelah terbentuk kelompok yang diperlukan, fungsi pengorganisasian akan menetapkan dan memperinci hubungan yang diperlukann. 
3.    Penggerakan
Merupakan tindakan untuk merangsang anggota kelompok agar melaksanakan tugas yang telah dibebankan dengan baik dan antusias.
4.    Pengawasan  
Fungsi ini merupakan tindakan untuk mengawasi aktivitas yang terkait agar dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.


Agar manajemen berjalan dapat mencapai tujuan dengan sebaik-baiknya, diperlukan saran-saran pendukung seperti man (tenaga kerja manusia), money (uang yang diperlukan dalam usaha), methods (cara untuk mencapai tujuan), material (bahan yang diperlukan), dan market (pasar, sebagai tempat untuk menjual hasil produksi). Dari uraian diatas dapat ditarik suatu pengertian bahwa manajemen merupakan suatu proses yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai tujuan melalui pemanfaatan sarana dan sumber-sumber daya. 

Aspek-Aspek Yang Memerlukan Manajemen
1.    Aspek produksi
Manajemen produksi mencakup perencanaan produksi dan pengendalian proses produksi. Selama proses produksi berlangsung, kegiatan manajemen diperlukan dalam pengambil keputusan untuk menentukan persiapan dan proses produksi, sehingga pengusaha dapat berproduksi lebih efesien.
2.    Aspek pemasaran
Manajemen pemasaran mencakup kegiatan untuk mendistribusikan hasil produksi ke tangan konsumen. Sebuah perusahaan akan menentukan kelompok masyarakat yang menjadi sasaran pemasaran, melihat ada tidaknya persaingan, dan menentukan strategi pemasaran yang harus dijalankan.
3.    Aspek keuangan
Manajemen keuangan meliputi kegiatan mengelola keuangan dalam suatu usaha. didalamnya sudah termasuk cara mendapatkan dan mengalokasikan dana untuk suatu rangkaian usaha atau bisnis.
                                                                                                  

Sumber : Agribisnis Perikanan, Penerbit Penebar Swadaya, 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar