Penyuluh Perikanan

Penyuluh Perikanan
Pulau Tinggi

Rabu, 26 Maret 2014

Manajemen Pakan Ikan


MANAJEMEN PAKAN DALAM BUDIDAYA IKAN


Seperti halnya manusia, ikan juga memerlukan pakan yang cukup untuk pertumbuhan, perkembangbiakan dan kelangsungan hidupnya. Kriteria pakan yang cukup ini dilihat dari segi kualitas dan kuantitasnya. Pakan yang berkualitas ditentukan oleh kandungan gizi yang ada di dalamnya, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral dengan komposisi yang tepat dan seimbang.
Pemberian pakan yang benar secara kualitas maupun kuantitas dapat memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan produksi ikan. Agar memperoleh pertumbuhan yang optimal dan efisien dalam penggunaan pakan, maka keseimbangan protein perlu diperhatikan. Apabila protein dan energi tidak seimbang, maka akan  mempengaruhi ikan secara langsung dan akan mempengaruhi kualitas air, sebab sisa pakan akan mengalami degradasi dan mengakibatkan pencemaran lingkungan yang akan mengganggu kesehatan ikan.
Benih Ikan Lele

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen pakan antara lain:
1.    Ukuran pakan disesuaikan dengan bukaan mulut ikan
2.    Tidak memberikan pakan yang kadaluarsa, berjamur atau beracun
3.    Takaran ransum harian harus sesuai dengan anjuran, yaitu 3-5 % per hari dari bobot total ikan
4.    Frekuensi pemberian pakan 2-3 kali sehari
5.    Pemberian pakan disebar secara merata diseluruh atau sebagian permukaan kolam
6.    Pakan harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian ikan

ALTERNATIF PEMBERIAN PAKAN

·                Pemberian Vitamin/Probiotik
Vitamin merupakan senyawa organik yang sangat diperlukan ikan dalam jumlah yang sedikit, tetapi tidak dapat disintesis sehingga harus tersedia dalam komposisi pakan. Pemberian vitamin adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan (daya tahan) tubuh ikan terhadap penyakit, menambah nafsu makan dan  mempercepat proses penyembuhan luka. Dosis pemberian vitamin 500-1000 mg/kg pakan.
Contoh Probiotik Ikan 
·                Penyediaan Pakan Alami
Ketersediaan pakan alami merupakan faktor pembatas bagi kehidupan ikan di kolam. Untuk mengembangkan pakan alami dapat dilakukan dengan proses pemupukan dan pengapuran yaitu menggunakan kotoran kandang dosis 250-500 gr/m2, TSP 10 gr/m2, urea 10 gr/m2 dan kapur 25-100 gr/m2.
Azolla microphylla
 
Cacing sutra

·                Pakan Tambahan (Pakan Hijauan)
Adalah pakan yang berasal dari tanaman segar, baik berupa daun, tangkai daun maupun pucuk tanaman yang masih muda, misal daun talas, sente, singkong, rami, kangkung air dan enceng gondok.  Kandungan senyawa flavonoid, polifenol dan saponin pada pakan sifatnya dapat mendongkrak daya tahan tubuh ikan terhadap serangan penyakit.
Daun sente untuk ikan gurame
·                Ikan Rucah
Adalah ikan hasil sampingan yang biasanya secara ekonomis nilanya rendah.  Pemberian ikan rucah harus sesuai dosis dan aturan, agar tidak terjadi permasalahan pada kualitas air kolam ikan.
·                Limbah Dapur
Merupakan sisa dari kegiatan di dapur misalnya , baik berupa sayuran, buah maupun daging.  Contoh sisa dapur yang dapat dijadikan pakan tambahan seperti kulit kentang, wortel, kulit insang, kulit pepaya, ampas kelapa dan air cucian beras.
·                Sumber Protein Lainnya
Sumber protein lainnya yang dapat dijadikan alternatif pemberian pakan adalah bekicot, keong mas, organ dalam (usus) ayam potong.  

 MENENTUKAN DOSIS PAKAN PER HARI

Agar pertumbuhan ikan baik, harusnya secara rutin berat badan ikan harus selalu dikontrol.  Caranya, diambil 10 contoh ikan dari kolam, lalu ditimbang satu per satu, berat  total dibagi dengan 10 sehingga diperoleh berat rata-rata per ekor. Jumlah berat total rata-rata ikan dikalikan jumlah ikan yang dipelihara dikolam (tentu telah diketahui pada saat penebarannya), kemudian dikalikan dosis ransum harian pakan ikan.

Sebagai contoh, pada awalnya ikan yang disebar di satu kolam sebanyak 500 ekor ikan dengan berat rata-rata 30 gr/ekor dengan demikian berat totalnya 500x30 gr = 15.000 gr (15 kg).  Oleh karena itu pakan yang harus diberikan adalah 5%x15.000 gr = 750 gr (7,5 ons) per hari.

Pemberian pakan pada ikan
** Herman Setiawan, S.Pi



1 komentar:

  1. Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa...

    Kami menjual aneka Kapur :
    - Kapur Aktif / Cao / Kalsium Oksida.
    - Kapur Padam / CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
    - Kapur Tepung / CaCo3 /Kalsium Karbonat / Kapur pertanian /Kaptan .
    - Zeolite .
    - Bentonite .
    - Dolomite dll.

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :

    Bpk Asep
    081281774186
    085793333234

    Silahkan simpan nomor dan hubungi jika sewaktu waktu membutuhkan.

    BalasHapus