Penyuluh Perikanan

Penyuluh Perikanan
Pulau Tinggi

Minggu, 12 April 2015

Pertemuan Kelompoktani Sido Rukun Di Desa Pasir Putih Kecamatan Tukak Sadai Tanggal 10 April 2015

Pertemuan Kelompoktani Sido Rukun Di Desa Pasir Putih Kecamatan Tukak Sadai Tanggal 10 April 2015




Pertemuan kelompok merupakan salah satu metode penyuluhan yang kerap dilaksanakan oleh penyuluh berpedoman kepada jadwal latihan & kunjungan yang telah disusunnya, serta disesuaikan dengan kebutuhan pelaku utama sebagai sasaran kegiatan penyuluhan. Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari pertemuan kelompok tersebut diantaranyan :
a.    Mempererat tali silaturahmi dengan pelaku utama
b.    Sebagai media pemecahan masalah yang dihadapi oleh pelaku utama
c.    Forum untuk berkoordinasi dan penyampaian informasi baik antar anggota kelompok maupun penyuluh dengan kelompoktani.
d.    Memperkuat modal sosial yang berangsur-angsur mulai hilang dan ditinggalkan, seperti gotong royong, kerja bakti dan sebagainya.
BP3K Tukak Sadai dalam hal ini merupakan lembaga penyuluhan di tingkat kecamatan yang berupaya menyelenggarakan kegiatan penyuluhan secara efektif dan efesien, oleh karena itu diperlukan sinergitas antara penyuluh dengan pelaku utama demi terwujudnya kegiatan penyuluhan yang dinamis.
Seperti yang telah dilaksanakan oleh Kelompoktani Sido Rukun, pada hari Jumat Tanggal 10 April 2015 bertempat di Rumah Bapak Waris Dusun Air Banten Desa Pasir Putih Kecamatan Tukak Sadai, telah dilakukan pertemuan kelompok. Acara dibuka dengan penyampaian materi oleh Ketua Kelompoktani Sido Rukun (Bapak Rifai Yusuf) mengenai :
a.    Hasil pertemuan di Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi & UMKM Kab. Bangka Selatan, mengenai penumbuhan koperasi tani untuk Gapoktan.
b.    Keaktifan anggota kelompok dalam jadwal pertemuan
c.    Penerimaan anggota Kelompoktani baru.
Pertemuan kelompoktani yang dihadiri oleh 10 orang tersebut berjalan dengan lancar dan santai, diselingi snack berupa bakwan & tempe goreng menambah akrab suasana. Acara dilanjutkan dengan pengisian materi oleh Sahroni selaku penyuluh pertanian Desa Pasir Putih menyampaikan beberapa hal seperti :
a.    Penjelasan mengenai buku administrasi kelompoktani
b.    Pembinaan kelompoktani dalam mengaktifkan jadwal pertemuan rutinnya.
c.    Rencana kerja kelompoktani Sido Rukun tahun 2015
Koordinator BP3K Tukak Sadai (Herman Setiawan, S.Pi) menyampaikan beberapa hal seperi :
a.    Pembuatan perangkat kelembagaan kelompoktani (plang nama kelompok)
b.    Kegiatan pemantapan penyusunan RDKK Pupuk Bersubsidi tahun 2016 tgl 15 April 2015 di Gedung Pertemuan Kantor Kecamatan Tukak Sadai
c.    Penjelasan mengenai peran & fungsi balai penyuluhan kecamatan.

Pesan Koord. BP3K Tukak Sadai :
            “ penyuluhan ibarat mata uang, satu sisi adalah penyuluh dan sisi yang lain adalah pelaku utama, uang tersebut sah digunakan sebagai alat pembayaran jika memenuhi persyaratan seperti terdapat gambar tertentu, nominal yang telah ditetapkan & tanda tangan dari pihak yang berwenang. Untuk mewujudkan kegiatan penyuluhan yang optimal & dinamis diperlukan sinergitas antara Penyuluh dan pelaku utama ”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar