Penyuluh Perikanan

Penyuluh Perikanan
Pulau Tinggi

Senin, 20 April 2015

Pertemuan Kelompok Nelayan (KUB) Tanjung Pao Di Dusun Buraq Desa Bukit Terap Kecamatan Tukak Sadai Tanggal 17 April 2015

Pertemuan Kelompok Nelayan (KUB) Tanjung Pao Di Dusun Buraq Desa Bukit Terap Kecamatan Tukak Sadai Tanggal 17 April 2015
  


Bertempat di Rumah salah satu anggota kelompok Dusun Buraq Desa Bukit Terap Kecamatan Tukak Sadai pada hari Jumat Tanggal 17 April 2015 telah diselenggarakan penyuluhan melalui pertemuan kelompok, pertemuan tersebut dihadiri oleh penyuluh Desa Bukuit Terap (Yulistia Ilmandra, SP), Penyuluh perikanan Kecamatan Tukak Sadai (Titis Hesty Yuliany, S.Pi) dan Koordinator BP3K Tukak Sadai (Herman Setiawan, S.Pi), pada pertemuan tersebut disampaikan beberapa materi penyuluhan seperti :
1.   Pembuatan kartu nelayan
Wajib bagi seorang nelayan memilik kartu nelayan, oleh karena itu pada pertemuan tersebut sekaligus sebagai pendaftaran dan kelengkapan untuk pengajuan pembuatan kartu nelayan. Adapun penerbitan Kartu Nelayan merupakan wujud penghargaan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan terhadap profesi nelayan. Kepemilikan Kartu Nelayan, diharapkan menjadi materi kongkret proses pemberdayaan nelayan sebagai mitra pemerintah dalam pengelolaan sumberdaya perikanan dan upaya juga peningkatan pendapatan secara berkelanjutan, efektif dan tepat sasaran. Adapun realisasi kegunaan Kartu Nelayan yang sudah dilaksanakan diberbagai daerah di Indonesia diantaranya :
v  Bukti identitas profesi nelayan diwilayah Negara kesatuan republik Indonesia. 
v  Database daerah dan Nasional perkembangan kapasitas nelayan guna pengendalian sumberdaya ikan dan penyediaan lapangan kerja nelayan secara rasional berkelanjutan.
v  Referensi data bukti identitas tepat sasaran kepada nelayan dalam pembelian BBM bersubsidi.
v  Salah satu syarat bagi Nelayan agar tepat sasaran Penerima Program PUMP (pengembangan usaha mina pedesaan) perikanan tangkap.
v  Salah syarat agar tepat sasaran Penerima SeHAT (Sertifikat Hak Atas Tanah nelayan).
v  Pelaporan keselamatan kerja nelayan dan informasi cuaca melalui SMS Gateway.
v  Salah satu syarat bagi nelayan agar tepat sasaran mendapat program bimbingan teknis perikanan tangkap.
v  Salah satu syarat agar tepat sasaran bagi nelayan yg mendapatkan Asuransi Jamsostek nelayan.
2.   Penjelasan buku administrasi kelompok perikanan
Kelompok merupakakn salah satu unit terkecil kelembagaan, dimana terdapat prosedur administasi yang baik dan tertib. Untuk menjadikan kelompok perikanan yang mandiri secara manjerial BP3K Tukak Sadai sebagai instansi pembina memberikan secara gratis paket buku administrasi kelembagaan kelompok pelaku utama perikanan, yang nantinya dijadikan sebagai perangkat kelembagaan kelompok dalam menjalankan keorganisasian kelompoknya. Buku administrasi tersebut berisi antara lain buku data anggota kelompok, buku tamu, buku kas, buku inventarisir barang, buku notulen rapat pertemuan dan buku agenda surat keluar-masuk. 
3.    Kunjungan ke pangkalan kapal nelayan
Pertemuan diakhiri dengan kunjungan bersama ke pangkalan bersandar kapal nelayan di tepi laut, dimana bisa kita lihat aktifitas para nelayan tradisional yang bersiap-siap berangkat ke laut.



Pesan Koord. BP3K Tukak Sadai :
          “ penyuluhan perikanan mendukung kegiatan Kementerian Kelautan & Perikanan antara lain pembuatan kartu nelayan, statistik kelautan & perikanan, sosialisasi pemberantasan IUU Fishing, PUMP, minapolitan & industrialisasi perikanan ”




Tidak ada komentar:

Posting Komentar