Penyuluh Perikanan

Penyuluh Perikanan
Pulau Tinggi

Minggu, 18 Januari 2015

SUMBER ENERGI TERBARUKAN

SUMBER ENERGI TERBARUKAN

Pengembangan teknologi tepat guna untuk sumberdaya energi alternatif merupakan sebuah solusi dalam menghadapi krisis energi. Hampir semua energi yang kita gunakan berasal dari bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak dan gas alam termasuk dalam pembangkitan sumber energi listrik. Ketiga bahan tersebut merupakan non sumber energi terbarukan (sumber energi yang tidak dapat diperbaharui) karena ketiga bahan tersebut memerlukan jutaan tahun untuk terbentuk kembali untuk dapat digunakan lagi. Pembakaran bahan bakar fosil menyebabkan terjadinya pelepasan dalam jumlah besar karbondioksida, jika konsumsi energi terus meningkat pada tingkat sekarang diprediksikan suhu bumi akan naik / pemanasan global.
Beberapa metode pembangkit listrik alam (sumber energi terbarukan), antara lain :
Sistem hydro-listrik
Menggunakan arus air untuk menciptakan listrik. turbin digerakkan langsung oleh air dari waduk atau aliran sungai. sistem ini lebih efektif digunakan di daerah perbukitan dimana ada penawaran air yang baik dari air. Sistem ini tersedia dalam bermacam ukuran, dengan sistem mikro-hydro yang termurah, paling efisien, paling ramah lingkungan dan terbaik untuk masyarakat pedesaan.


Sistem pasang surut
Naiknya pasang surut dari muara sungai dapat ditangkap oleh sebuah bendungan dan air pasang surut melewati turbin untuk menghasilkan listrik.




Sistem gelombang/arus laut
Energi gelombang di laut dapat ditangkap oleh perangkat bertenaga gelombang yang kemudian akan diubah menjadi listrik.



Sistem biogas
Mengumpulkan gas methane, yaitu gas yang mudah terbakar yang dapat digunakan untuk memasak, menjalankan alat penerangan gas, menjalankan mesin-mesin pembakaran dan menciptakan listrik. Gas methane tercipta secara alami ketika kotoran hewan, kotoran manusia, sekam padi, dedaunan, tanaman air dan rerumputan membusuk. Gas ini memiliki banyak manfaat, termasuk menciptakan pupuk berkualitas tinggi dari bahan-bahan yang telah terpakai.

 

Sistem matahari
Menggunakan cahaya matahari untuk menciptakan energi listrik.



Sistem angin
Juga bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik, dengan menggunakan kincir yang berputar ketika angin bertiup. energi dapat diekstraksi dari angin dengan menggunakan turbin angin.
   



Sumber Informasi :
Bagian Akustik dan Instrumentasi Kelautan
Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), IPB. www.creative-instrument.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar