Penyuluh Perikanan

Penyuluh Perikanan
Pulau Tinggi

Rabu, 14 Januari 2015

Membuat Secchi Disc (Alat Pengukur Kecerahan Perairan)

MEMBUAT SECCHI DISC
(Alat Pengukur Kecerahan Suatu Perairan)

Media budiaya ikan merupakan suatu tempat hidup ikan untuk tumbuh dan berkembang yaitu air. Air yang digunakan sebagai media budidaya ikan harus mempunyai standar kuantitas dan kualitas yang sesuai dengan persayaratan hidup ikan. Pengelolaan air bertujuan untuk menyediakan lingkungan hidup yang optimal bagi ikan untuk hidup, sehingga diperoleh pertumbuhan dan perkembangbiakan ikan budidaya yang optimal.
Kualitas air sangat menentukan keberhasilan suatu budidaya ikan, oleh karena itu pengukuran parameter kualitas air dilakukan secara rutin dan kontinyu. Salah satu parameter kualitas air yang penting dikontrol adalah kecerahan. Kecerahan air menggambarkan banyaknya cahaya matahari yang masuk ke dalam suatu perairan.
Nilai kecerahan air yang ideal untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan ikan adalah berkisar antara 25 – 40 cm. Alat yang digunakan untuk mengukur kecerahan dan kekeruhan air adalah secchi disc.
Berikut dibahas cara pembuatan secchi disc secara mandiri dan sederhana dengan alat & bahan bekas yang ada disekitar lingkungan kita.
1. Persiapan alat dan bahan
Alat & bahan yang diperlukan meliputi kuas cat, Compact Disc (CD) bekas, cat warna putih & hitam, tali PE, mur, baut serta ring.

2. Pengecatan CD
Kita cat bagian CD yang bening dengan terlebih dahulu membagi menjadi 4 bagian, 2 bagian kita cat warna putih dan 2 bagian lagi kita cat warna hitam secara selang-seling, kemudian kita jemur CD tersebut sampai kering.

3. Pemasangan mur, baut, ring & tali
            Setelah pengeringan cat kita memasang mur, baut, ring & tali, yang berfungsi sebagai pemberat dan kenyamanan dalam penggunaan.

 


4. Pembuatan skala pengukuran
                          

       
Untuk mempermudah penggunaan alat dan pengukuran parameter, maka kita membuat skala ukuran dengan cara membuat ikatan pada tali PE setiap 10 cm.


5. Penggunaan secchi disc
            Setelah asesoris alat tersebut lengkap terpasang, maka secchi disc siap digunakan untuk pengukuran kecerahan air pada wadah budidaya ikan.








3 komentar: