Penyuluh Perikanan

Penyuluh Perikanan
Pulau Tinggi

Rabu, 14 Januari 2015

Mengenal Probiotik

Mengenal Probiotik


             Probiotik adalah bakteri hidup yang diberikan sebagai suplemen makanan yang menguntungkan bagi kesehatan manusia dan hewan. Dengan kata lain probiotik merupakan makanan tambahan bagi hewan inang berupa sel mikro-organisme (mikroba) atau sebagai pakan mikrokospik yang bertujuan memenangi kompetisi dalam sistem saluran pencernaan ikan (hewan inang) dengan bakteri jahat (patogen).
 

Fungsi & Manfaat Probiotik
Fungsi probiotik dalam budidaya ikan :
1.      Menekan pertumbuhan bakteri jahat
2.     Mempercepat degradasi bahan organik dan limbah
3.     Meningkatkan ketersediaan nutrisi esensial
4.     Meningkatkan aktivitas mikro-organisme yang menguntungkan
5.     Memfiksasi nitrogen
6.     Mengurangi pupuk dan pestisida

Manfaat probiotik dalam budidaya ikan :
1.     Pencegahan dan pengobatan penyakit
2.     Ketersediaan pakan
3.     Meningkatkan produktivitas budidaya
4.     Memperbaiki lingkungan

Cara Kerja Probiotik
Pemanfaatan mikroba hidup yang memiliki kemampuan mikro-organisme dalam memecah atau mengurai rantai panjang karbohidrat, protein dan lingkungan hidupnya. Kemampuan ini diperoleh karena adanya komponen sel enzim khusus yang dimiliki oleh mikroba tersebut. Enzim tersebut biasanya berpengaruh pada kesehatan dan kehidupan ikan.
Efesiensi pakan pada ikan ditentukan oleh kemampuan ikan tersebut dalam mencerna pakan yang dikonsumsinya. Disaluran pencernaan, pakan yang terdiri senyawa kompleks akan dirombak menjadi senyawa yang lebih sederhana. Proses perombakan tersebut membutuhkan keberadaan enzim, disinilah peran penting probiotik bagi ikan dimana mikroba yang terdapat dalam probiotik akan mensekresikan enzim ke lingkungannya untuk membantu perombakan senyawa kompleks.

Aplikasi Probiotik Pada Budidaya Ikan
1.     Ditaburkan ke kolam ikan
Pemberian probiotik di kolom air sebaiknya diencerkan terlebih dahulu dengan air, kemudian ditebar merata. Sedangkan apabila diberikan didasar kolam/ tambak, penggunaannya harus  dicampur dengan substrat pembawa (zeolit), caranya tuangkan zeolit ke dalam bak plastik campur dengan probiotik, aduk hingga merata lalu ditebar didasar kolam/ tambak terutama dibagian yang banyak endapan lumpur.


2.     Dicampurkan dengan pakan ikan
Pemberian probiotik melalui pakan, bisa dicampurkan engan pelet maupun pakan alami seperti daun-daunan. Sebelum diberikan ke ikan, sebaiknya pakan yang sudah dicampur/ direndam dengan probiotik sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu.



Sumber : Kaya Raya dari Budidaya Ikan dengan Probiotik,
   Danang Yana Mulyana, 2011.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar