Penyuluh Perikanan

Penyuluh Perikanan
Pulau Tinggi

Jumat, 01 Mei 2015

Penyuluh Perikanan Menjadi Asesor pada Kegiatan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) di SMK Negeri 1 Tukak Sadai

Penyuluh Perikanan Menjadi Asesor pada Kegiatan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) di SMK Negeri 1 Tukak Sadai

Pendahuluan
Uji kompetensi keahlian pada SMK kejuruan merupakan bagian dari Ujian Nasional yang menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi kelulusan, sedangkan bagi stakeholder terkait akan dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki oleh siswa-siswi sebagai calon tenaga kerja atau wirausahawan. Pelaksanaan uji kompetensi keahlian meliputi uji kompetensi teori  uji kompetensi praktek.
Uji kompetensi kejuruan bagi siswa SMK merupakan pelaksanaan penilaian berbasis kompetensi untuk mendapatkan pengakuan atas kemampuannya, karena uji kompetensi kejuruan di SMK merupakan kesempatan utuk menunjukan kemampuan yang dikuasainya di hadapan tim penguji (asesor) yang berasal dari dunia usaha/ industri, pakar pada bidangnya, dan asosiasi profesi.
Adapun fungsi Ujian kompetensi kejuruan adalah sebagai berikut :
v  Alat ukur keterserapan diklat yang telah berlangsung dari awal sampai akhir sekolah, sehingga siswa dianggap mampu menguasai materi pembelajaran kompetensinya bila telah lulus dari uji kompetensi produktif
v  Pengakuan diri atas kemampuan pada bidang kompetensinya, bahkan peserta didik yang telah luus uji kompetensi akan diakui komptensinya yang dibuktikan dengan sertifkat yang diterimanya
v  Penghargaan dan pengakuan peserta didik dan pendidik atas proses kegiatan belajar mengajarnya oleh dunia kerja hal ini dapat terlihat dengan ujian yang melibatkan dunia usaha, asosiasi profesi dan pakar dibidangnya
v  Pintu masuk ke dunia kerja, sesuai dengan tujuan pendidikan di SMK adalah ka sertifikat hasil uji kompetensi dapat digunakan sebagai persyaratan melamar pekerjaan, yang dapat meyakinkan dunia usaha dan industri akan kemampuan si pelamar.

Kegiatan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK)
Pada tanggal 24-26 Maret 2015 diselenggarakan uji kompetensi kejuruan di SMK Negeri 1 Tukak Sadai, pada kesempatan ini penyuluh perikanan (Herman Setiawan, S.Pi) ditunjuk sebagai asesor untuk menguji kompetensi siswa-siswi SMK tersebut. Mata uji kompetensi adalah pemijahan intensif lele dumbo, dimana mulai dari persiapan alat-bahan, pelaksanaan seleksi induk, penyuntikan, striping, pembuahan buatan, penebaran telur sampai perawatan larva. 

Proses penyuluhan dalam arti luas bukan hanya sebatas memberikan penyuluhan kepada pelaku utama dan pelaku usaha, namun lebih dari itu mampu berkontribusi dalam pembangunan perikanan di wilayah atau daerahnya masing-masing. Kontribusi dapat dilakukan dalam berbagai peran dan fungsi penyuluhan, salah satunya di bidang pendidikan adalah menjadi penguji (asesor) pada ujian kompetensi kejuruan di SMK. Penyuluh perikanan bersinergi dengan dunia pendidikan, karena siapa tau lulusan SMK tersebut akan tercetak banyak wirausaha pemula & muda di bidang perikanan yang nantinya akan menjadi binaan dan mitra kerja dari penyuluh perikanan itu sendiri.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar